cooking with smile...


jangan katakan kalau saya pandai memasak :) saya hanya bisa memasak :) iya saya memang memasak diawal awal pernikahan dulu, karena butuh irit sehubungan dengan daftar cicilan yang harus dibayar, namun sejak saya mengajar anak anak di sekitar rumah, saya mulai menggunakan jasa catering :) terlebih ketika saya memulai usaha toko online dan berkenalan dengan rumah makan padang delivery dekat rumah, maka lengkaplah sudah kejayaan saya utuk tidak memasak yang berat berat :)

di negeri jiran ini, berhubung banyaknya waktu luang, ditambah upaya berhemat :) maka saya kembali memasak :) memasak yang gampang gampang, ndak jauh jauh dari tumis tumisan dan sop plus goreng goreng sedikit :)

nah di tulisan ini saya ndak mau berpanjang lebar tentang masakan saya, melainkan tentang tips : bagi anda yang juga ndak terlalu pandai memasak seperti saya :) mari kita bahas dengan seksama ya :)

di salah satu buku, saya pernah membaca, bahwa dalam kuliner china, mereka mengenal makanan sebagai sebuah atraksi bagi 3 indera, penciuman penglihatan dan perasa :) maka makanan harus memenuhi 3 kaidah : wangi ketika kita menghirup aromanya, bagus tampilannya dan kunci dari semuanya adalah rasa :) dan konon memang begitu, urutan memanjakannya :) lalu apa hubungannya dengan ketidak pandaian seseorang dalam memasak? nah disini letak kuncinya :) saya yang sadar tidak pandai memasak, selalu berusaha menyajikan masakan saya yang rasanya pas pasan itu dalam tampilan yang maksimal ;) bukan dengan hiasan hiasan, tapi dengan piring piring atau mangkok sajian yang cantik imut dan kiyut :) selain itu proses toto dhahar atau makanan di tata sebelum dimakan juga rasanya lumayan ciamik, meskipun lauk yang saya sajikan juga ndak habis dihitung dengan setengah jari hihihi :)

maka atas dasar itu, saya terbiasa buat membeli piring piring saji yang cantik cantik dengan berbagai ukuran :) supaya tampilan makanan yang disajikan bisa pas dan cantik, ya minimal enak dilihat sebelum rasanya agak mengecewakan bagi penikmatnya hahaha :)

o iya tips lainnya berkaitan dengan membeli piring saji ini adalah : jangan membeli banyak banyak, seperlunya saja, biasanya sih saya membeli hanya sepasang karena lauk saya juga ndak pernah banyak ragamnya :)  yang penting ada berbagai ukuran mulai yang terkecil buat sambel sampai yang agak besar buat gorengan atau yang berbentuk mangkok untuk soup atau tumisan :) dan satu dan lainnya masih cantik jika dipadu padankan :)  tips lain? ya tentu saja jangan membeli yang mahal :) sesuaikan dengan isi kantong lah :) daripada setelah membeli barang mahal trus penyesalannya menyebabkan kepala senut senut :)

catatan bagi para suami : jika istri anda membeli beberapa perabotan yang lucu dan cantik, sebenarnya itu adalah upaya untuk menyempurnakan apa yang dia kerjakan, sadar masakannya ndak enak, maka dilakukanlah upaya ekstra membeli perabotan untuk tampilan yang lebih baik :)

dan untuk para istri, tetaplah percaya diri dan tetaplah memasak dengan senyuman, karena keriangan saat memasak akan memberikan aura yang menyebabkan masakan agak sedikit lebih enak ketimbang yang dibuat dengan wajah yang tertekuk hahaha :)